Jumat, 13 Juni 2014

Baru! Tomat Ungu Penghalau Kanker



PARA pakar di Inggris selagi ini tengah meningkatkan sejenis tomat berwarna ungu yang diklaim punya kegunaan halangi perkembangan sel kanker. Tomat tipe baru hasil penyilangan gen ini di percayai banyak pakar punya kandungan banyak pigmen antioksidan dimaksud anthocyanin yang berfungsi mutlak menyingkirkan tumor serta kanker.

Seperti dilaporkan jurnal, Nature Biotechnology, tim ilmuwan dari John Innes Centre, Norwich, sukses membuat tipe tomat varian baru hasil gabungan dengan gen-gen dari bunga snapdragon atau Antirrhinum majus.


Bunga snapdragon benar-benar di kenal sbg diantara tumbuhan yang kaya anthocyanin, zat yang juga ditemukan pada beraneka tipe berry berwarna gelap seperti blackberry, cranberry serta chokeberry.

Dalam analisis terbarunya, tomat hasil rekayasa genetika ini sudah diujicoba pada tikus di laboratorium. Akhirnya, golongan tikus pengidap kanker yang didapatkan tomat ungu sanggup bertahan hidup lebih lama dengan cara vital ketimbang golongan tikus dengan diet standard, baik yang di beri atau tiada di beri tomat umum.

" Dampaknya nyatanya tambah besar dari yang kami idamkan, " ungkap pimpinan analisis Cathie Martin, yang juga pakar biologi tumbuhan.

Martin mengimbuhkan, meskipun buah-buahan seperti blackberry atau blackcurrant berfaedah menahan munculnya kanker, sakit jantung atau masalah syaraf, tapi belum beberapa orang yang mengonsumsinya.

Dengan fakta itu, banyak pakar coba membuat buah tomat yang punya kandungan banyak anthocyanin dengan dukungan gen-gen bunga snapdragon. Pada prosesnya, kata banyak pakar tomat yang rata-rata berwarna merah beralih jadi ungu.

Banyak pakar juga menjelaskan, uji-coba buah tomat ini pada manusia tetap belum sanggup dijalankan jangka waktu dekat. Sebagai tujuan seterusnya yaitu mempelajari bagaimana kandungan antioksidan dalam tomat ungu nyata-nyata sanggup pengaruhi perubahan beberapa sel tumor buat tingkatkan mutu kesehatan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar